Jan 2, 2012

Mesin Sehat BBm Hemat

Apabila beraktivitas dengan kendaraan setiap hari perlu mengingat kondisi mesin. Pepatah mengatakan, bila dapur pacu sehat pangkal bbm hemat. Hal ini adalah salah satu sisi teknis dari Econo driving. Mengemudi hemat selain dimulai dari pengendalian diri sendiri, juga dengan kepedulian terhadap kendaraan andalan.

Kondisi mesin sehat artinya mampu bekerja efektif dan efisien. Misalnya, pastikan mesin segar, tidak pincang apalagi ngebul. Karena asap merupakan indikator adanya kerusakan dalama mesin. Pastikan mesin cek tidak menyala, kalaupun mesin hidup akan berada dalam limp mode yang tidak bertenaga dan boros bbm.

Bersihkan semua bagian saringan secara rutin. Mulai dari saringan udara, oli dan bbm. Lakukan juga penyetelan mesin secara rutin, seperti busi atau celah kutup. Selain itu, hindari kebocoran vakum karena mesin membaca dan akan memberikan suplai bbm lebih.

Temperatur mesin juga wajib dijaga ideal agar setting mesin pun prima. Jangan lupa untuk menggunakan bbm berkualitas dengan tingkat oktan sesuai spesifikasi mesin. Supaya sumber tenaga tetap bekerja ideal menghasilkan daya cukup untuk menghela mobil. Bbm pun tetap hemat.

Simak informasi Seputar Otomotif di situs otomotif CarMall.com

No comments:

Post a Comment