Apr 20, 2012

Mazda Daur Ulang Bemper Mobil Bekasnya

Kalau ingin menjadi pelopor mesti berbuat sesuatu yang beda dengan yang pernah ada. Contohnya pada produsen mobil Mazda, suatu teknologi baru telah mereka ciptakan untuk mendaur ulang bemper bekas yang sudah tidak terpakai dan menjadi bemper baru lagi.

Pihak Mazda mengklaim bahwa pabrikan mereka adalah yang pertama melakukan hal ini, dan usaha ini pun sukses mengubah bemper bekas menjadi baru lagi. Awalnya  teknologi ini sudah digunakan pada Mazda sejak 21 agustus tahun lalu, dan pertama kali digunakan pertama kali pada Mazda Biante dan hasilnya telah digunakan pertama kali juga disematkan bemper belakang Mazda Biante. Kemungkinan bahan bemper pada Mazda2 dan Mazda versi lainnya juga menggunakan bahan daur ulang.


 
Mazda memang sudah berencana kalau bempernya bisa didaur ulang dengan mudah, dan hal itu dilakukan sejak 1990. Mazda pun mengembangkan teknologi pengumpulan dan pemrosesan bemper dengan Yamako Corporation dan Takase Gosei Kagaku Corporation di prefektur Hiroshima. Teryata teknologi ini menuai hasil yang menguntungkan, biaya daur ulang sekarang lebih murah ketimbang membeli plastik baru untuk bahan mentah pembuatan bemper mobil Mazda.

No comments:

Post a Comment