Jan 20, 2012

Di China Ada Mobil Mirip Esemka

Perbincangan kembali hangat dan sempat meramaikan dunia otomotif nasional, mobil Kiat Esemka rakitan siswa-siswa SMK ini diketahui ada mobil China yang mirip dengan Esemka. Mobil China tersebut bermerek Foday yang beberapa variannya sangat mirip dengan Esemka. Ada varian double cabin Foday Lion Pickup yang desainnya sama dengan Esemka Digdaya.



Jika dipertahatikan kedua mobil tersebut desainnya sangat mirip, dimulai dengan body kotak, lampu depan, dan grill depan yang bergaya vertikal.

bila diperhatikan lagi mobil Esemka Rajawali generasi awal mirip dengan Foday Expoles III. Desain kedua mobil ini juga serupa. Terlihat mulai dari bentuk desain bagian depan. Kedua mobil ini mirip dengan SUV asal Korea Selatan, Hyundai Tucson lansiran 2005.


 Kesamaan Expoles III dan Esemka Rajawali juga terletak pada daya tampung penumpang sampai 7 orang. Tapi masih ada yang membedakan, yakni lampu depan, Foday menggunakan model proyektor, sementara Rajawali menganut sistem diamond cut. Untungnya Esemka Rajawali yang digunakan Jokowi tidak sama dengan varian Foday lainnya. Hanya bagian interior hampir sama dengan Foday Explores II, yang membedakan hanya panel dan warna.

No comments:

Post a Comment