Jan 25, 2012

Kembaran Esemka Hadir di China?

Semakin gencar pemberitaan tentang berita Esemka setelah menjadi mobil dinas Jokowi dan sekarang ditambah lagi pemberitaan Esemka mirip dengan mobil di Cina. Meski demikian, beberapa varian Esemka justru telah hadir di Cina dengan merek Foday. Lho kok bisa?

Pertama adalah varian double kabin Digdaya yang mirip dengan versi pikap Foday Lion Pickup. Tengok saja desainnya yang kotak dengan kawalan headlamp besar dan gril model vertikal. Belum lagi bentuk bodi yang kaku d bagian pilar-pilarnya juga serupa.

Selain itu, pada SUV Esemka tipe Rajawali generasi awal juga persis dengan Foday Expoles III. Tampilan identik ini terlhat mulai dari depan, dimana tampang keduanya sepintas mirip Hyundai Tucson versi 2005.

Desain gril berbentuk busur panah dan desain samping kedua nya tampil mirip berkat aplikasi 7-seater yang gagah dan sepintas juga persis Ford Everest. Untungnya headlamp keduanya sedikit berbeda. Sebab pada versi Foday Explores III menganut model proyektor, sementara Rajawali memiliki tipe diamond cut.

Pada SUV Rajawali yang dipakai pak Walikota, memang tak memiliki kembaran di Negeri Tirai Bambu itu. Namun begitu masuk ke dalam, tampilannya mirip dengan Foday Explores II meski ada perbedaan pada aplikasi wood panel dan warna interiornya. 

No comments:

Post a Comment