Jan 18, 2012

Tips Ketika Memarkir Mobil

Kadang ada rasa kuatir atau was-was ketika kita parkir kendaraan, khususnya mobil karena begitu memarkir mobil harus benar2 diperhatikan antara jarak mobil kiri dan kanan dari mobil kita. Supaya mobil kita pas diparkir benar2 aman baca beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan kendaraan kita saat parkir:



1. Hal yang perlu diperhatikan adalah jaga jarak yang aman antar mobil, atur posisi mobil di tengah jalur/garis parkir. Pastikan garis batas di permukaan jalan yang telah ditandai sebagai garis jarak antar mobil yang satu dengan yang lainnya

2. Lipatlah kaca spion bila memarkirkan mobil di parkir yang agak sempit agar tidak bersinggungan dngan mobil lain 

4. Jangan parkir di dekat bahan yang mudah terbakar bila parkir di jalan terbuka pada siang hari karena apabila sistem pembuangan panas dan pengapian mobil menyentuh panas tinggi maka bisa fatal akibatnya. 

5.Bila parkir di basement, pastikan anda ingat dimana anda memarkirkan mobil anda, Biasanya parkir di basement dilengkapi dengan tanda dan nomor lokasi untuk memudahkan mengingat lokasi mobil atau bisa juga diperhatikan tanda-tanda lain yang mudah diingat di sekitar mobil parkir.
 
6. Sebelum anda meninggalkan mobil anda di tempat parkir ceklah terlebih dahulu apakah benar-benar terkunci dan pastikan cek sekali lagi meski mobil anda sudah dilengkapi dengan remote control. 

7. Untuk menghindari kunci tertinggal di dalam mobil, biasakan mengunci pintu mobil dari luar.

8. Jangan lupakan mematikan lampu-lampu kecil didalam mobil, karena berdampak pada pemborosan daya aki.

10. Gunakan ganjalan ban seperti batu atau bisa juga masukkan gigi satu atau mundur, namun jangan sampai lupa ketika menghidupkan mesin mobil cek lah terlebih dahulu persneling atau injak kopling agar mobil tidak langsung jalan. 

11.Perhatikan kaca spion terlebih dulu pastikan posisi mobil lurus jika mobil anda dalam posisi mundur, dan tengoklah ke belakang untuk mengatisipasi jarak

12. Bagi pengguna mobil transmisi otomatis, pastikan betul posisi gear sebelum menekan pedal gas agar tidak salah maju atau mundur.
Demikian tips seputar mobil tentang memarkir mobil


No comments:

Post a Comment