Feb 14, 2012

Mazda

Pihak Mazda kini tersenyum riang setelah beberapa jajaran produknya diterima konsumen dengan sangat bagus, dan kini varian yang cukup sukses adalah Mazda2 sedan dan hatchback. ini semuanya mengusung desain bagian depan yang nyaris sama. Memang tidak ada yang salah dengan keputusan membuat desain seragam ini. Yang pasti secara keseluruhan desain Mazda2 Hatchback ini masih terlihat dinamis dan modern. Pas buat mereka yang berjiwa muda.




Awalnya cikal bakal Mazda2 ini dari Mazda Demio yang pertama kali muncul di tahun 1996. Selain disebut Demio dan Mazda2, mobil ini juga dipasarkan dengan nama Mazda 121, Mazda Metro, dan Ford Festiva Mini Wagon. Di Indonesia sendiri, nama Mazda2 yang digunakan. Sampai saat ini, generasi mobil ini sendiri sudah mengalami paling tidak tiga kali perbaikan dan di Indonesia dipasarkan dalam empat varian.

Pada versi terakhirnya ini, Mazda sepertinya mengusung konsep kecil dan ekonomis dan agaknya mereka juga yakin kalau konsep ini akan lebih menarik dari versi yang sebelumnya ditawarkan. Ini terlihat dari dimensinya yang mengalami penyusutan bila dibanding dengan generasi sebelumnya. Dari data spesifikasi, terlihat ada penurunan panjang sekitar 41mm sementara tingginya pun dipangkas sekitar 65mm. Sebagai kompensasi, lebar total bertambah sekitar 15mm.

Body Mazda2 Hatchback
Karena bodi mobil mengalami ‘penyusutan’ maka secara otomatis bobot total mobil pun turun sekitar 60kg dari versi yang digantikannya. Namun meskipun begitu, Mazda menjanjikan bahwa ‘penyusutan’ dimensi ini tak akan berpengaruh pada kenyamanan pengendara maupun penumpang karena para teknisi Mazda sudah mempertimbangkan itu semua. Rancangan bodi baru ini memang telah melewati proses pertimbangan kenyamanan sekaligus keamanan dari penumpang dan pengemudi.

Mesin Mazda2 Hatchback
Ke empat varian yang ditawarkan ini menggunakan mesin empat silinder segaris dengan kapasitas ruang bakar sebesar 1.498cc. Mesin DOHC 16 katup ini juga dilengkapi dengan S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control). Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 103PS pada putaran mesin 6.000rpm dengan torsi sebesar 135Nm pada putaran mesin 4.000rpm.

No comments:

Post a Comment