Jan 4, 2012

Tekanan udara yang dianjurkan

Berapakah tekanan pada ban yang dianjurkan? Faktor ini tergantung pada jenis kendaraan, ukuran ban, dan berat kendaraan tersebut.
 
* Untuk beberapa mobil penumpang seperti minibus dan pick-up mini,       direkomendasikan berada pada kisaran 27-32 psi.
* Untuk truk pickup, jeep, dan SUV, tekanan inflasi yang direkomendasikan cenderung sekitar 5-8 psi lebih tinggi. Perlu di ingat bahwa tekanan angin yang disarankan mungkin berbeda untuk ban depan dan belakang. 

Menambahkan beberapa pon tekanan ekstra akan mengurangi hambatan putaran ban dan membuat sedikit irit bahan bakar. Jika Anda membawa banyak penumpang, menderek mobil, mengangkut banyak barang di bagian belakang atau pickup penarik trailer, anda disarankan untuk menambah tekanannya terutama pada ban belakang.

Peringatan: Jangan melebihi batas tekanan yang tertera pada dinding ban. Hal ini dapat memperpendek umur ban dan membuat tonjolan pada dinding ban. 

Cek tekanan ban: Sering-seringlah cek tekanan ban, karena ban akan mengeluarkan udaranya sedikit demi sedikit. Maka dari itu anda harus rutin memeriksanya. Terutama saat anda membawa beban berlebih. Sekarang pun di pom bensin terdekat, anda dapat menambah tekanan angin secara cuma-cuma.

Kunjungi seputar mobil terkini di situs otomotif CarMall.com

No comments:

Post a Comment