Jan 13, 2012

Tips Perawatan Mesin Mobil

Mesin adalah jantung pada mobil. Tetapi tidak semua pemilik mobil tahu tentang selak beluk mesin mobil, bahkan perawatan untuk mesin mobil ga diperhatikan. Para pemilik mobilpun beranggapan bahwa perawatan mesin mobil harus dilakukan di bengkel. Berikut adalah beberapa tips perawatan mesin mobil agar kinerja mesin mobil semakin bagus, dan tips perawatan mesin mobil ini juga bermanfaat untuk meningkatkan umur dari mesin mobil.


Penggantian Oli Secara Teratur
Ini salah satu hal terpenting dalam menjaga mesin agar tetap awet dan tahan lama. Karena oli mesin berfungsi melumasi komponen-komponen pada mesin sehingga menurunkan tingkat gesekan antar komponen dan menjaga mesin dari overheating serta filter tetap bersih.

Tangki bensin.
Bagian ini vital sekali bila kurang perawatan akhirnya tangki dikuras karena didalamnya berkarat. Apalagi sekarang kendaraan bermesin injeksi, suatu hari cepat atau lambat Anda akan disusahkan dengan karat atau kerak bahan bakar, alhasil mobil Anda tersendat-sendat setiap akselerasi. 

Selalu periksa keadaan radiator
Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin selalu stabil, bagian ini tidak boleh terlupakan ketika pengecekan mesin,  karena radiator merupakan bagian yang berfungsi menjaga mesin agar tidak cepat panas. Selalu sempatkan waktu Anda untuk memeriksa radiator Anda, meliputi periksa kebocoran, penggantian air, sehingga menjaga performa radiator Anda. Idealnya adalah setiap 10.000 km

Periksa Timing Belt
Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk menjaga putaran roda-roda gigi yang terhubung dengan mesin. Jika timing belt rusak atau kondisinya kurang baik akan ditandai dengan suara dengung bising ketika mesin dinyalakan. Lakukan pengecekan rutin terhadap timing belt ini untuk menghindari terputusnya timing belt

Lakukan tune up secara rutin
Tune up rutin ke bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet. Karena saat Anda melakukan proses tune up, bagian vital dari mobil, seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan diperiksa dan juga dibersihkan.

Tips seputar mobil ini semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment