Jan 13, 2012

Tips Agar Berkendara Mobil Matic Irit BBM

Penggunaan bahan bakar pada mobil matik bisa di minimalkan. Terutama transmisi otomatis yang masih menggunakan torque converter seperti yang lazim digunakan pada jajaran produk asal Jepang dan Korea. Penggunaan ini berbeda dengan teknologi transmisi dual clutch yang memiliki loss power minimum, atau seperti transmisi manual. Penggunaan pada kopling ganda membuat transfer tenaga menjadi optimal dan berlangsung cepat. Tapi perpindahan gigi yang diatur komputer tetap memerlukan pemahaman tersendiri agar efisiensi bbm tetap diperoleh. 



Berikut dibawah ini tips agar berkendara mobil matik irit bbm :
  • Penggantian oli secara rutin : Seluruh usaha tersebut tidak akan optimal bila transmisi tidak berada di performa optimalnya. Otomatis, kualitas pelumas perlu diperhatikan dengan cara melakukan penggantian secara berkala maka penggatian oli secara rutin akan menjaga keawetan mesin.
  • Manfaatkan 'lock' saat melaju konstan : Saat melaju konstan di tol, Anda dapat memaksimalkan dengan memanfaatkan fitur lock di gigi 3 ke atas.
  • Pindahkan ke posisi N saat macet : Perhatikan ketika di posisi diam atau ketika dilampu merah, saat tuas berada di posisi D (Drive) dan pedal rem diangkat, mobil akan bergerak maju di jalan datar. Tujuannya menandakan torque converter mendapat tekanan lantaran mobil siap untuk berakselerasi
  • Hindari kickdown : Saat berakselerasi, tentu tidak dapat dilakukan secara spontan untuk memperoleh konsumsi bahan bakar yang efisien. Apalagi saat berakselerasi dari kondisi berjalan, hindari kickdown atau menurunkan posisi gigi secara otomatis dengan cara menginjak pedal gas secara bertahap.
  • Gunakan engine brake saat jalan menurun : Salah satu yang sering dikeluhkan pemilik mobil bertransmisi otomatis adalah minimnya efek engine brake. Untuk menjawab solusi itu geserlah tuas atau menon-aktifkan tombol overdrive (O/D) untuk menurunkan setingkat ke posisi lebih rendah atau dapat menggunakan 2 hingga L (Low) atau 1
Itulah informasi seputar mobil matik, semoga bisa berguna bagi pemilik mobil matik 

No comments:

Post a Comment