Jan 10, 2012

Aki kompenen penting pada mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Sangatlah penting untuk rutin memeriksa aki mobil dan memastikannya dalam keadaan baik. Berikut  panduan cara memeriksa apakah aki mobil masih dalam kondisi baik atau tidak.




Panduan memeriksa kondisi aki mobil :

- Coba starter mobil
Jika mobil tidak bisa atau sulit distarter, kemungkinan ada masalah pada aki mobil. Selain itu, ketika memutar kunci kontak dan terdengar seperti suara klik, ini merupakan indikator kuat bahwa aki mobil mengalami masalah. Cobalah menstarter mobil dengan bantuan kabel jumper. Jika mobil masih tidak mau menyala, bisa jadi aki mobil Anda sudah benar mati dan perlu diganti

- Cek lampu indikator aki
Bila cara awal diatas tidak berhasil coba cek lampu indikator, kenapa harus lampu indikator? Ya, yang pertama adalah periksa lampu indikator pada dashboardmobil. Jika umur aki sudah mendekati masa akhir, lampu indikator mungkin berkedip atau terus menyala. Ini bisa menjadi tanda awal ada yang tidak beres pada aki atau sistem listrik mobil.

- Cek masalah listrik
Selanjutnya, perhatikan sistem listrik pada mobil, termasuk lampu, radio, sistem injeksi bahan bakar, dan pemanas atau pendingin udara. Ketika kondisi aki mulai menurun, semua fungsi sistem listrik diatas juga akan menurun. Jika menemukan kasus radio masih menyala, tapi mobil tidak, Anda mungkin perlu mengisi ulang atau mengganti aki mobil Anda.

- Ketahui umur aki mobil
Kebanyakan umur aki mobil berkisar antara dua sampai lima tahun. Jika aki mobil Anda telah berusia lima tahun atau lebih dan mobil menunjukkan gejala-gejala seperti tercantum di atas, aki mobil Anda mungkin sudah harus diganti.

Baca juga artikel seputar mobil lainnya di situs otomotif CarMall.com

No comments:

Post a Comment