Jan 9, 2012

Tips mobil transmisi otomotis


Tips-tips seputar mobil bertransmisi otomatis

Mobil bertransmisi otomotis sekarang ini makin digandrungi karena kemudahan dan kenyamanannya. Di kota macet seperti jakarta mengendarai dengan transmisi manual pastinya akan cepat melelahkan di kaki kita. karena harus memainkan pedal kopling dan kondisi stop and go sehingga mobil juga agak boros. Mobil matic pun semakin diminati masyarakat kalangan perkotaan. Untuk itu kami coba memberikan beberapa tips seputar mobil matic yang mungkin dapat berguna bagi anda:

Ø Perawatan khusus untuk mobil matic tidaklah susah hanya yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli matic. Ada lagi yang  perlu menjadi perhatian adalah ketika memindahkan posisi gigi maju ke gigi mundur atau sebaliknya, mobil harus benar-benar berhenti

Ø Jika mobil harus diderek, pastikan roda penggerak terangkat untuk menghindari tekanan balik oli transmisi. Andaikan mobil harus ditarik/dorong, pastikan kecepatan di bawah 40 km/jam supaya tidak terjadi tekanan balik.

Ø Biasakan tidak memakai kaki kiri untuk menginjak rem. Yang dikhawatirkan, di luar kesadaran, rem masih diinjak, hal ini bisa merusak transmisi.

Ø Untuk menanjak, kita bisa saja biarkan tuas persneling tetap pada posisi D, karena jika mesin sudah tidak mampu lagi, tentu persneling akan berpindah gigi dengan sendirinya. Atau, boleh saja memindahkan tuas ke posisi 2 bahkan 1 untuk tanjakkan yang curam.

Ø Untuk yang masih menggunakan matic dengan tombol OD (over drive), bisa saja menonaktifkan 
OD (OD off). Setelah tanjakkan dapat dilalui, jangan lupa mengembalikan posisi gigi ke D kembali.

Ø Untuk pengisian bensin, ada baiknya tidak terlalu penuh (sampai luber) karena saat bensin dipompa ke mesin, tangki bensin tetap perlu udara demi kelancaran supply bahan bakar. Jika sampai terjadi vacuum karena di dalam tangki, maka supply bensin akan terganggu. Sebetulnya tangki bensin sudah dilengkapi dengan lubang pernapasan, tetapi kejadian vacuum masih saja sering terjadi karena lubang pernapasan tadi tersumbat kotoran atau pemasangan yang tidak rapi.

No comments:

Post a Comment