Apr 12, 2012

Produksi Infiniti Hengkang dari Jepang

Perubahan nilai mata uang membawa dampak ke produksi pabrikan mobil jepang, semakin kuatnya nilai mata uang Yen terhadap Dollar Amerika membuat perubahan yang besar pada produksi mobil. Inilah situasi yang terjadi pada pabrikan mobil Jepang, Infiniti, Nissan yang  akan memindahkan produksinya ke luar Jepang.



Menurut informasi valuta mata uang asing, saat ini satu dollar mencapai 81,5 yen atau setara Rp. 9.195, penguatan mata uang Yen terhadap mata uang dollar amerika membuat infiniti merasa berat jika meneruskan produksinya di Jepang. Karena sebagian besar mobil Infiniti termasuk Infiniti fx 37 diimpor langsung dari Jepang ke beberapa negara AS, Eropa, dan China.

Menurut lansiran CEO Nissan, Carlos Ghosn.. Menjelaskan basis produksi Infiniti belum tahu akan dipindahkan ke negara mana, masih dalam tahap pertimbangan. Namun ada dua Negara yang siap menjadi potensial, yaitu Amerika utara dan China. Kenapa dua negara tersebut menjadi pilihan utama, karena hal tersebut didukung dengan investasi USD2 miliar di daerah kota Aguascalientes, Meksiko. Pabrik itu akan menjadi basis Nissan untuk pasar otomotif AS.

No comments:

Post a Comment