Feb 22, 2012

Mobil Keluarga, Harga Bersaudara. Avanza Pilihannya

Toyota teryata pintar dalam memilih nama pada varian terbarunya, terbukti pada Avanza yang diambil dari kata bahasa Italia  “avanzato”  yang mempunyai arti “peningkatan lebih tinggi. Penamaan pada varian terbarunya yaitu Avanza, teryata memang benar penjualan terhadap mobil Avanza ini mengalami peningkatan yang signifikan bagi Toyota. Avanza dilaunching pada saat pameran di Gaikindo Auto Expo 2003 di Jakarta.



Semenjak peluncurannya beberapa silam lalu penjualan Avanza pun meningkat tajam,  langsung terjual 100.000 unit. Sebenernya Toyota Avanza juga diproduksi dengan nama lain yaitu Daihatsu Xenia.  Perbedaan keduanya bukan pada bodi dan mesin, karena keduanya memiliki mesin dan bentuk yang identik.  Perbedaan Avanza Xenia terletak pada kelengkapan tambahan , kualitas interior dan beberapa ragam asesoris. Harga Avanza yang sedikit lebih tinggi ketimbang sodara kembarnya, dengan harga yang lebih tinggi itu Avanza mengungguli segala kelengkapan ketimbang Xenia.

Saat ini Avanza memiliki dua tipe mesin pada kendaraannya dengan spesifikasi mesin 1.300 dan 1.500 Cc, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis ( matic). Sebelumnya pada tahun 2004 Toyota Avanza mengeluarkan Avanza tipe S, lengkap dengan mesin WTi dari Toyota. Tipe S ini pada tahun 2004 diproduksi terbatas, sekitar 200 unit saja, mengapa di produksi terbatas? Sebenernya mobil tipe S yang dilengkapi transmisi otomatis ini digunakan sebagai bahan uji coba pasar untuk proyek Toyota yang lebih besar, yaitu pemasaran Avanza Xenia yang akan dirilis tahun berikutnya.

No comments:

Post a Comment